Rabu, 14 Desember 2016

Kebiasaan Buruk Setelah Makan Yang Harus Di Hindari

Kita semua memiliki beberapa kebiasaan yang biasanya dilakukan setelah makan. Namun, beberapa Kebiasaan Buruk Setelah Makan berikut ini harus segera dihindari karena sangat berbahaya bagi kesehatan kita.

kebiasaan buruk setelah makan yang harus dihindari


Kebiasaan Buruk Setelah Makan Yang Harus Di Hindari - Makan merupakan kebutuhan pokok, yang akan menyediakan energi bagi tubuh untuk beraktivitas. Ada beberapa waktu makan yang biasa kita lakukan, pertama ada sarapan, makan siang dan makan malam. 

Tetapi kadang kita tidak mempunyai kedisplinan dalam makan, yang bisa mengakibatkan kita mudah lelah, mengantuk dan bahkan terserang penyakit. Ada juga mereka yang makan menyeduaikan dengan kebutuhan aktivitasnya.

Namun ada satu hal yang sama yang biasa dilakukan, terutama setelah makan. Dan mungkin hal tersebut bisa berbahaya bagi kesehatan anda. Oleh sebab itu, kebiasaan-kebiasaan berikut ini harus segera anda hindari setelah selesai makan.

Kebiasaan buruk setelah makan

  • Merokok 
Jangankan setelah makan, dikonsumsi setiap saat pun rokok menjadi satu aktivitas yang tidak baik, apalagi jika dilakukan setelah makan. Rokok yang mengandung nikotin dalam kadar yang tinggi sangat menganggu proses pencernaan dimana bisa menyerap zat karsinogen pada tubuh. Zat ini adalah zat yang sangat berbahaya sebab zat ini adalah zat penyebab kanker yang membahayakan untuk tubuh.

  • Makan Buah
Dalam proses pencernaan, buah memerlukan enzim khusus sebagai pelancar dalam pencernaan. Jika dikonsumsi dalam waktu setelah makan maka enzim yang dibutuhkan oleh buah tidak bisa diproduksi dengan baik sehingga akan menyebabkan buah menjadi tidak bisa diserap dengan baik. Kebiasaan ini sebaiknya untuk segera dikurangi untuk mendapatkan badan yang tetap sehat dan terhindar dari sembelit atau susah buang air besar.

  • Duduk Terlalu Lama
Biasanya setelah makan bersama teman atau pasangan akan dilanjutkan dengan mengobrol sehingga anda membutuhkan waktu duduk yang lumayan lama. Hal ini juga kurang baik untuk tubuh sebab duduk terlalu lama setelah makan bisa menganggu proses pencernaan pada tubuh. Ada baiknya untuk melakukan jalan sebentar untuk melancarkan proses yang ada didalam tubuh.

  • Rebahan
Untuk hal yang satu ini pasti juga sudah tidak asing lagi jika setelah makan dilarang untuk rebahan atau berbaring. Hal ini ternyata sangat benar, sebab jika setelah makan tubuh digunakan untuk rebahan maka bisa menganggu berjalannya makanan masuk kedalam tubuh dan organ pencernaan. Sehingga akan menyebabkan asam lambung naik dan bahkan juga bisa menyebakan perut menjadi kembung dan susah BAB.

  • Minum teh
Setelah makan lalu disusul dengan minuman teh pasti menjadi satu kenikmatan tersendiri bagi sebagian orang. Namun jika anda adalah salah satunya sebaiknya untuk segera menghentikan kebiasaan yang satu ini. Teh yang dikonsumsi bisa mengurangi kemampuan tubuh untuk menyerap zat besi yang ada pada makanan. Sehingga, nutrisi yang masuk pun tidak bisa maksimal.

  • Melonggarkan Ikat Pinggang
Beberapa orang memiliki kebiasaan untuk melonggarkan ikat pinggang mereka setelah makan. Namun, melonggarkan sabuk merupakan hal yang buruk, bukan karena menyebabkan usus terhalang sabuk, tapi dapat menyebabkan Anda merasa nyaman sehingga melanjutkan makan secara berlebihan. Jadi makanlah sebatas Anda merasa nyaman tanpa melonggarkan ikat pinggang Anda.

  • Mandi
Mandi setelah makan akan menyebabkan peningkatan aliran darah ke tangan, kaki dan tubuh sehingga jumlah darah sekitar perut karena akan menurun. Hal ini akan melemahkan sistem pencernaan di dalam perut kita.

  • Berjalan atau Latihan Fisik
Berjalan langsung setelah makan adalah ide yang buruk, dapat mengakibatkan refluks asam dan gangguan pencernaan. Namun, berjalan sekitar setengah jam setelah makan sangat baik untuk Anda. Anda idealnya harus berjalan selama sekitar 10 menit dan hanya 20-30 menit setelah makan untuk mencegah refluks asam dan gangguan pada perut.

  • Tidur
Dan seperti yang Anda mungkin sudah tahu, alasan untuk ini adalah bahwa makanan tidak akan mampu dicerna dengan baik. Hal ini akan menyebabkan lambung & usus terinfeksi.

 Kebiasaan Buruk Setelah Makan Yang Harus Di Hindari

0 komentar:

Posting Komentar